Selasa, 06 Juli 2021

Confirm Running - Online Training : 1.Human Resource Business Partner; 2.Strategic Sourcing and Vendor Management; 3.Strategic Thinking Leader




Value Consult Online Training

Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter

2 Day Online Training

Online Training : Human Resource Business Partner


By Zoom, Jakarta, 22-23 Jul 2021
Time : 09:00 - 15:00
Early Bird : Rp. ,-

Background

Fakta menunjukkan dibalik perusahaan yang memiliki profit-sustainability (kemampulabaan yang berkesinambungan) ialah yang memiliki Manajemen Manusia yang baik. Hanya 2 hal yang membuat suatu bisnis dapat meraih visi dan misi-nya, yaitu: Sisi Teknis dan Sisi Manusia. Sisi Teknis berbicara mengenai strategi bisnis. Namun, bila hal tersebut tidak diikuti oleh penyelarasan (alignment) Sisi Manusia maka seberapa canggihpun strategi bisnis yang ada tentu tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam Manajemen HR modern, tanggung jawab mengelola manusia bukan hanya tanggung jawab HR Corporate, melainkan juga tanggung jawab HRBP masing-masing area atau unit bisnis mengingat HRBP lah yang paling dekat sehingga seharusnya paling mengenal anggota timnya.

HRBP diharapkan menjadi mitra bisnis di daerah atau di unit bisnis, yang bukan saja mampu memberikan layanan HR, namun juga mampu menjadi lawan diskusi oleh Pimpinan Unit Bisnis yang dilayaninya.

Sayangnya, tidak semua HRBP menyadari perannya yang sangat krusial tersebut sehingga seringkali terjadi ketidakefisienan dan ketidakefektifan manajemen, yang pada gilirannya nanti akan mengakibatkan organisasi mengalami kesulitan dalam berkompetisi. Sementara, sebagian lain telah menyadari perannya namun belum dibekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang tepat untuk dapat mengelola SDM dengan efektif dan efisien.

Tujuan

Dengan mengikuti training ini, peserta diharapkan  akan:

  1. Memahami peran HR dalam  mencapai visi, misi, goal, dan strategi perusahaan
  2. Memahami perannya sebagai HRBP
  3. Memahami Competency Profiling
  4. Memahami pentingnya  Manajemen  OD
  5. Memahami proses bisnis
  6. Memahami struktur organisasi yang efektif dan efisien
  7. Memahami pembentukan budaya perusahaan yang sehat
  8. Memahami  pembuatan MPP yang efektif
  9. Terampil melakukan seleksi yang efektif
  10. Memahami dan terampil melakukan Training Need Analysis dan mengukur efektivitas training
  11. Memahami dan terampil memanajemeni Hubungan Industrial
  12. Memahami Career & Talent Management
  13. Memahami Performance Management
  14. Memahami dan terampil melakukan Coaching Counseling

Outline

  1. Understanding HRBP Roles
    • Memahami peran HR
      • Evolusi peran HR
      • Peran HR secara umum
      • Menyelaraskan  visi, misi, dan strategi perusahaan dengan   praktek HR
    • Memahami perannya sebagai HRBP dalam proses bisnis
      • Memahami peran HRBP dalam proses bisnis
      • Menyelaraskan peran HRBP dengan unit bisnis terkait
      • Menyelaraskan peran HRBP dengan HR Corporate
    • Memahami harapan pengguna jasa HRBP
      • Mengetahui stake-holder HRBP
      • Memahami harapan stake-holder
  2. Competency Profiling
    • Memahami konsep kompetensi
    • Memahami corporate competency, function competency, dan individual   competency
    • Mampu menentukan tingkatan kompetensi dari key behaviors
    • Mampu membuat profil kompetensi jabatan
    • Memahami pembuatan kamus kompetensi
  3. Effective Organization Development
    • Memahami perlunya OD
    • Memahami 3 pilar OD
    • Memahami  struktur organisasi  yang efektif
    • Memahami pentingnya budaya kerja yang mendukung kinerja bisnis
    • Mampu menciptakan budaya kerja yang sehat di lingkungan kerjanya
    • Mampu menjadi change agent
  4. Recruitment & Selection
    • Man Power Planning
    • Memahami metode seleksi & tujuan penggunaannya
      • Assessment Center
      • Interview
      • Technical Test
      • Observasi
    • Interview berbasis kompetensi dengan  Behavioral  Event Interview
      • Mengenal beberapa teknik interview
      • Memprofil kompetensi
      • Menentukan Perilaku Kunci (Key Behavior) atas setiap kompetensi
      • Teknik STAR
    • Praktek BEI
  5. Training Need & Impact Analysis
    • Memahami indikator-indikator yang dapat dipakai untuk analisa kebutuhan training
    • Mampu menganalisa kebutuhan training
    • Memahami cara menyelenggarakan training di tempat kerja
    • Memahami cara mengukur efektivitas training
    • Mampu menghitung Return of Training Investment (ROTI)
  6. Performance Management
    1. Memahami pentingnya Performance Management dalam mendukung goal  perusahaan
    2. Bagaimana membedakan aktivitas dengan pencapaian
    3. Cascading KPI korporat ke  KPI unit bisnis
    4. Cascading KPI unit bisnis ke KPI individual
    5. Mengukur Critical Success Factors
    6. Effective monitoring & controlling
  7. Talent & Career Management
    1. Memahami manajemen talent
    2. Memahami mengapa karir harus dikelola
    3. Memahami tentang career path
    4. Memahami cara me-retain karyawan
  8. Industrial Relation
    • Memahami  IR
    • Peran HEBP dalam IR
    • Assertive Communication
      • Memahami proses komunikasi
      • Aspek –aspek yang berperan dalam komunikasi
      • Jenis-jenis komunikasi
      • Terampil  berkomunikasi dengan asertif
    • Coaching Counseling 
      • Kegunaan Coaching Counseling
      • Karakteristik coach dan konselor yang baik
      • Terampil menjadi coach dan konselor yang efektif 
      • Beberapa karakter anggota tim dan cara meng-coach/konseling-nya dengan   efektif

Facilitator

Budhi Wirawan, SE, M.Psi.T
  • Magister Psikologi Terapan (SDM) , Fakultas Psikologi , UI
  • Sarjana Manajamen, UNPAD
  • Lebih dari 20 tahun sebagai praktisi bidang SDM di berbagai jenis perusahaan (industri manufaktur , industri dan pemasaran produk farmasi serta, jasa keuangan) , dengan posisi terakhir sebagai AVP pada HR Division. Pemegang sertifikat assesor kompetensi SDM . Memliki pengalaman sebagai narasumber / fasilitator / trainer di bidang SDM pada berbagai forum HRD, inhouse training maupun public training

Training Fee

  • Rp. 3.000.000 ,- (Early Bird, REG before 8 Jul 2021 payment before 12 Jul 2021)
  • Rp. 3.500.000,- (Full fare)

Lebih lanjut klik di sini >>

2 Day Online Training

Online Training : Strategic Sourcing and Vendor Management


By Zoom, Jakarta, 26-27 Jul 2021
Time : 09:00 - 15:00
Early Bird : Rp. ,-

LATAR BELAKANG

Procurement/purchasing dan vendor management  sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan para supplier/vendor dilaksanakan. Mengapa vendor harus dimanagemeni dengan baik karena cukup besar uang perusahaan mengalir ke vendor. Karena vendor adalah kepanjangan dari bisnis kita maka produk yang dihasilkan oleh vendor idelnya harus lebih bagus dari harapan, bagaimana dampak yang terjadi dengan bisnis kita apabila terjadi ketidak sesuaian produk reject delivery delay, vendor yang kurang responsive harga yang tidak kompetitif membawa dampak besar terhadap operasi perusahaan, hingga konflik kepentingan, seringkali berawal dari kurang baiknya hubungan antara; team procurement/purchasing & team internal lainnya yang terkait dengan para supplier/vendor.

Team procurement/purchasing perlu menerapkan metode vendor management yang strategik untuk menciptakan hubungan kerja berkelanjutan dengan para supplier/vendor, dengan prinsip yang saling mendukung & menguntungkan bahkan mampu membangun semangat perubahan dengan cara memberikan support dalam melaksanakan cost reduction, sehingga pola kerja sama yang dibangun dengan vendor melalui program jangka panjang sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Tujuan & Manfaat Training

Setelah mengikuti training ini, para peserta akan memiliki kemampuan untuk:

  1. Mengelola & melaksanakan proses vendor management secara strategik & profesional
  2. Memahami critical point & key success factors dalam proses vendor management
  3. Mampu melakukan Audit vendor dengan baik
  4. Mengidentifikasi, menganalisa, mengantisipasi, & membuat solusi atas permasalahan yang terjadi
  5. Mengembangkan sistem vendor management yang baik, terukur, & terencana.
  6. Membuat keputusan yang efektif & efisien dalam proses vendor management
  7. Mampu memberikan bimbingan ke vendor untuk menyelamatkan pemborosan yang terjadi diproses supplier/ vendor dengan pendekatan lean 
  8. Membangun komunikasi dan semangat untuk bersama meningkatkan profit
  9. Mampu membangun  hubungan jangka panjang dengan vendoa
  10. Mampu menyusun strategy inisisiatif vendor dengan pendekatan KPI
  11. Mampu melakukan continous improvement bersama vendor

Metode Training

Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:

  • 20% teori berdasarkan literatur praktisi
  • 40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industri
  • 40% studi kasus nyata & brainstorming antara trainer dengan peserta

Target Peserta

Training ini ditujukan untuk para praktisi & profesional di bidang:

  1. Buyer, Procurement Admin, Vendor Management
  2. Supply Chain Management, Logisticians
  3. Head & Supervisor yang terkait dengan proses procurement.
  4. Siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

Materi Training

Day 1
09:00 - 15:00 WIB

  • Strategic Souching  
  • Vendor Selection  
  • Cost of poor Quality  
  • Strategic partnership

Day 2
09:00 - 15:00 WIB

  • Lean procurement
  • Vendor Audit   
  • Key Performance Indocator by Vendor  
  • Vendor Development Program 

Facilitator

Surachman. ST.,MT

Adalah Profesional konsultan yang telah memiliki pengalaman sebagai praktisi industri lebih dari 22 tahun. Serta lebih dari 7  tahun sebagai konsultan manajemen, yang telah membantu banyak perusahaan Nasional dan Multinasional dalam program peningkatan daya saing perusahaan. Diharapkan dengan wawasan dan pengalaman yang luas dari para instruktur akan memberikan wawasan, inspirasi dan kompetensi baru bagi para peserta training sehingga nantinya dapat diterapkan diperusahaan tempatnya bekerja.

Surachman memiliki latar belakang Sarjana Teknik Mesin, dan Magister Teknik Industri, Sebagai lulusan AOTS Association for Overseas Technical Scholarship Japan. Yokohama Kenshu center pada bidang Quality Improvement

Berpengalaman pada dunia industri manufaktur, Jabatan terakhir adalah Dept Manager Quality Management dan Management Refresentative   pada sebuah perusahaan multinasional,

Berpengalaman dalam proses pengembangan, Managerial Skill, TPM  Quality Management System ISO 9001:2000, ISO TS 16949, Environment Management System 14000:2004, Business & Organization Excellence, Performance Management (Key Performance Indicator), Supplier Development, 5S, Quality innovation, dan Total Quality Management System.

Training Fee

  • Rp. 3.000.000 ,- (Early Bird, REG before 12 Jul 2021 payment before 16 Jul 2021)
  • Rp. 3.500.000,- (Full fare)

Lebih lanjut klik di sini >>

2 Day Online Training

Online Training : Becoming a Strategic Thinking Leader


By Zoom, Jakarta, 4-5 Aug 2021
Time : 09:00 - 15:00
Early Bird : Rp. ,-

Online Training Becoming a Strategic Thinking Leader will learn about how to make strategy map and balanced Scorecard, how to choose marketing strategy1 and also 1 -page Strategic Planning ( used in Astra and Triputra )

Description

Description of Training Becoming a Strategic Thinking Leader

  • Managers know the big picture on the running business unit. (Becoming a Strategic Thinking Leader)
  • Managers understand all aspect on business functions across finance, operation, marketing, learning/growth and customer.(Becoming a Strategic Thinking Leader)
  • Managers can align with other dept and creating internal value chain.(Becoming a Strategic Thinking Leader)
  • Managers can trigger change in himself, department and organization.(Becoming a Strategic Thinking Leader)

Goals of training

  • Strategy Map and Balanced Scorecard
  • Pemilihan Marketing Strategy
  • 1-page Strategic Planning ( used in Astra and Triputra )

Outline Material
Training Strategic Thinking Leader will discuss:

Day 1:
Strategic level and Helicopter View

09:00- 12:00

  1. Results of research on: Why companies can be successful.
    • From 7s to BSC.
    • The latest research: 7 essentials of high growth companies ( David G. Thomson)
    • From Billion Dollar Lessons to
    • How the Mighty Fall ( Jim Collins )

13:00 -15:00

2. Results of research on: Why even successful companies could fail.

    • Differentiate ( Uniqueness ) or Die
    • Analyzing External Environment : PESTEL
    • Industry Analysis 5 Forces
    • TOWS Analysis
    • 5Cs : Company – Customers- Competitors – Changes – CollaborationUnderstanding Vision and MissionBusiness Model – Source of Revenues

Day 2 :

09:00 -12:00

Turning Strategy into Execution

  • Strategic Thinking
    • Definition of Strategy
    • Connecting Mission, Values, Strategy and Vision
    • Types of strategy
    • Generic Strategy
    • Value-based Strategy
    • Blue Ocean Strategy
    • Strategy Paradox
    • Strategy Map and Balanced Scorecard
    • Strategy and Communication
    • Customer Focus organization
  • How customers think
    • Indonesian consumer behaviors
    • 3 segments
    • Strategy for each segment ( Treacy Wieserma )
    • Understanding Marketing Metrics

13:00-15:00

  • Triggering Change
    • Managing change for your self
    • Managing change for your department using 5C and 3GManaging change for your organization using 8 steps
    • Risk Management

Facilitator

Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 25 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map)  – People Development  – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.

Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju  perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI  berbasis balanced Scorecard. 

Training Fee

  • Rp. 3.000.000 ,- (Early Bird, REG before 21 Jul 2021 payment before 25 Jul 2021)
  • Rp. 3.500.000,- (Full fare)

Lebih lanjut klik di sini >>



Contact Us

Ms. Ori & Ms. Riri

Training Series

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series

 

 

More Training in 2021

©Copyright 2021 Value Consult, Training & People Development Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar