Selasa, 02 Juni 2015

[Media_Nusantara] Bung Karno Memukau Washington DC

 

Bung Karno Memukau Washington DC

Ditengah Penjajahan Kolonialisme Belanda pada 6 Juni 1900, seorang perempuan, Ida Ayu Nyoman Rai, yang sehari-hari dipanggil Nyoman, melahirkan seorang putra bernama Soekarno. Pada 1 Juni 1945, dihadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Soekarno, pertama kali berpidato tentang Pancasila yang selanjutnya menjadi dasar Ideologi Negara Republik Indonesia. Sehingga Setiap 1 Juni dikenal sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Ia menjadi menjadi Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia yang berdiri pada 17 Agustus 1945. Pada 22 Juni 1966 Soekarno dipaksa meletakkan jabatan lewat penolakan oleh MPRS atas Pidato Pertanggung Jawaban Presiden Soekarno,--setelah sebuah kudeta militer yang didukung Amerika Serikat pada 30 September 1965.  Presiden Soekarno meninggal dunia di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, Jakarta pada 21 Juni 1970.
 
Oleh : Makarim Wibisono*

Setahun setelah  menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di Bandung April 1955, Bung Karno beserta 14 anggota rombongan resminya  memenuhi undangan Presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower  untuk melakukan kunjungan kenegaraan di Amerika Serikat sejak 15 Mei 1956 selama 19 hari. Kedatangan Bung Karno disertai puteranya Mohammad Guntur Sukarnoputra yang masih berusia 12 tahun  disambut karpet merah dan acara penerimaan yang meriah. 

Presiden Eisenhower telah mengirim pesawat pribadinya Columbine III untuk menjemput Bung Karno dari Bandara Hickham di Honolulu, Hawai menuju Bandara National di Washington-DC.  Wakil Presiden  (Wapres) Amerika Serikat, Richard Nixon, Menteri Luar Negeri  (Menlu),  John Foster Dulles dan pejabat-pejabat tinggi  Amerika Serikat lainnya menyambut kedatangan Bung Karno dan rombongan di  Bandara National.

Suasana penerimaan di Bandara sangat ramah dan hangat karena  Wapres Nixon dan Menlu Dulles telah berkunjung ke Indonesia sebelumnya. Wapres Nixon menyamakan Bung Karno dengan George Washington dan mengatakan "Anda telah berhasil memimpin rakyatmu untuk meraih kemerdekaan, dan dalam masa damai ini Anda memimpin rakyatmu untuk mencapai kemajuan." 
Baca Lengkap:

__._,_.___

Posted by: Agus Munim <agusmunim@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar