Selasa, 14 April 2020

[Media_Nusantara] Imbas Corona Kemiskinan dan Pengangguran Akan Melonjak

 

Imbas Corona Kemiskinan dan Pengangguran Akan Melonjak

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa wabah corona akan berdampak pada bidang sosial dan pembangunan Indonesia.

"Akan ada tambahan 1,1 juta orang miskin akibat wabah corona," ujarnya dalam video konferensi usai rapat kabinet paripurna, Selasa (14/4/2020).

Dalam skenario yang lebih berat, lanjut Sri Mulyani, akan ada tambahan 3,78 juta orang miskin di Indonesia.
"Dalam skenario berat kita perkirakan bisa ada kenaikan 2,9 juta orang pengangguran baru. Dalam skenario lebih berat bisa sampai 5,2 juta," kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah sudah membuat skenario indikator utama ekonomi makro tahun ini, yang terimbas wabah corona.

Pertumbuhan ekonomi dengan prediksi berat hanya tumbuh 2,35 persen pada tahun ini. Tapi dalam skenario sangat berat ekonomi Indonesia 2020 bisa negatif -0,4 persen.

"Untuk PDB (Pendapatan Domestik Bruto) saat ini kita estimasikan dalam kondisi berat dan sangat berat. Sebelumnya baseline kita 5,3 peesen tahun ini akan tekanan sampai ke level 2,3 persen. Bahkan dalam situasi sangat berat mungkin bisa sampai negatif growth – 0,4. Ini pasti pengaruh ke dampak sosial ekonomi kita," ujarnya.

Sedangkan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memperkirakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) akan semakin bertambah akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

"Sama halnya dengan dunia dan negara lain ancaman Covid-19 pada perekonomian Indonesia sangat signifikan," katanya.

Untuk menekan angka pengangguran terbuka, pemerintah sudah mengeluarkan program kartu prakerja. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak langsung baik tenaga kerja informal maupun nonformal.

"Di mana kartu prakerja diharapkan secondline of defense yang semula jaring pengaman untuk mereka yang ingin cari pekerjaan, atas arahan presiden, dikonversi jadi jaringan pengaman untuk kehilangan pekerjaan atau pengangguran," pungkasnya. (Tim)


__._,_.___

Posted by: Indra Prihantaka <indrapuyi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar