Jumat, 17 Mei 2019

[Media_Nusantara] Re: [nasional-list] Ibu Kota Negara Paling Praktis Pindah ke Jogjakarta

 

JOGYAKARTA terlalu berdekatan dengan KOTA SURAKARTA
SALAH2 ...Nanti bakalan ada Poster SAMBUTAN : '' OPO KOWE ORA KANGEN KARO JAMANKU, ENAK KAN  ''............

Bez virů. www.avast.com

On Thu, 16 May 2019 at 21:44, Sunny ambon ilmesengero@gmail.com [nasional-list] <nasional-list@yahoogroups.com> wrote:
 


Jokjakarta pernah menjadi ibukota RI, kemudian dipindahkan ke Jakarta setelah KMB 1949. Jadi bisa saja, tetapi ada suara-suara yang yang menyatakan ibukota bisa dipindahkan tetapi pusat keuangan tetap di Jakarta. Kalau dipindakan ke Jokjakarta ongkos pemindahan tidak seberapa besar jika dibuat ibukota baru, hal tentu terkait dengan masalah keuangan, hutang luarnegeri cukup besar sekalipun para petinggi rezim neo-Mojopahit yang berkuasa katakan hutangnya hanya 30% dari BDP.



https://www.jawapos.com/nasional/15/05/2019/ibu-kota-negara-paling-praktis-pindah-ke-jogjakarta/


Ibu Kota Negara Paling Praktis Pindah ke Jogjakarta

NASIONAL

15 Mei 2019, 15:08:52 WIB

Ibu Kota Negara Paling Praktis Pindah ke JogjakartaTugu merupakan landmark dari Jogjakarta. Pengambang properti berpendapat ibu kota negara lebih praktis pindah ke Jogjakarta. (Dok. JawaPos.com)


JawaPos.com – Hingga kini rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke tempat belum mendapatkan kepastian. Meski Palangka Raya disebut-sebut sebagai kandidat terkuat, namun lokasi itu dianggap tidak praktis.

Pendapat itu dikemukakan oleh Chairman PT Jababeka Setyono Djuandi Darmono di hadapan sejumlah mahasiswa President University, Jakarta, Rabu (15/5). Dia menyebut, pemerintah perlu mempertimbangkan faktor kepraktisan dan idealisme. Apalagi anggaran yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota negara tidak sedikit. "Paling praktis (pemindahan ibu kota negara, Red) ke Jogjakarta," kata Darmono.

Menurut dia, Jogjakarta sama seperti Palangka Raya. Yakni, posisinya berada di tengah dari Indonesia. Nilai positifnya dari Jogjakarta yakni sudah cukup berkembang.

Namun jika memilih Jogjakarta sebagai ibu kota negara yang baru, maka struktur kabinet atau kementerian dibuat ramping. Jumlah kementerian cukup belasan saja. Sama seperti di Amerika Serikat. Kementerian Pendidikan bisa dibubarkan. Sebagai gantinya urusan Kementerian Pendidikan diserahkan ke gubernur.

Darmono yang berpengalaman membangun kota mandiri baru Jababeka mengatakan berencana membangun ibu kota negara baru di Palangka Raya tidak salah. Bahkan pada awal kemerdekaan lalu, Bung Karno juga membuka wacana itu. Hanya saja dia mengatakan pusat ekonomi di Palangka Raya dihidupkan dahulu. "Jadi di Palangka Raya itu bisa kalau diterapkan 50 tahun lagi," jelasnya.

Dia menuturkan jika ibu kota negara yang baru ditempatkan di daerah yang belum terlalu maju, nanti mengulang kegagalan Putrajaya di Malaysia. Di negeri jiran itu banyak pejabat pemerintahan yang setiap hari hilir-mudik dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Alasannya, keluarga dari para pejabat pemerintahan tersebut tetap memilih tinggal di Kuala Lumpur.

Jika ibu kota negara yang baru nanti masih sepi. Dikhawatirkan pemindahan personel aparaturnya juga tidak maksimal. Sebab mereka mempertimbangkan layanan lainnya. "Seperti pendidikan," tegasnya. Apakah ada sekolah yang sebagus di Jakarta saat mereka boyongan di daerah ibu kota negara baru nanti.

Penasihat Rektor President University Chandra Setiawan berpendapat, sebaiknya lokasi ibu kota negara yang baru tidak sebatas jadi pusat pemerintahan saja. Sebab biaya yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota negara tidak sedikit.

Alangkah lebih baik jika kawasan ibu kota negara yang baru nanti juga menjadi kawasan ekonomi. Sehingga, mampu menyedot tenaga kerja dan menghidupkan pusat-pusat ekonomi yang baru.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Hilmi Setiawan




Bez virů. www.avast.com

__._,_.___

Posted by: Marco 45665 <comoprima45@gmail.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


SPONSORED LINKS
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar