Sabtu, 11 Mei 2019

[Media_Nusantara] SLILIT DALAM PETA POLITIK KITA

 

SLILIT DALAM PETA POLITIK KITA

Namanya slilit itu pasti mengganggu dan bikin gemes, sehabis makan daging yang enak. Apalagi kalau gak ada tusuk gigi.

Jujur saja, aku tidak mengira postingan yang aku share tentang Cak Nun mendapat banyak tanggapan. Apa iya orang sedemikian terganggu dan gemes dengan slilit yang satu ini, eh maksudnya penulis Slilit Sang Kiai ini?

Aku suka tulisan-tulisan Cak Nun sejak aku masih mahasiswa. Buatku lucu aja; waktu itu kan barengan ama tulisan atau buku-buku Mohamad Sobary, Umar Kayam dan Parakitri T. Simbolon. Duh, jadul bener ya aku. Generasi milenial kayaknya gak kenal nama-nama itu! 😂

Ya buatku lucu aja dan kadang-kadang ngikutin juga perjalanan Cak Nun. Aku bukan fans militan sehingga gak juga jadi pencemoohnya saat ini. Maka aku santai aja nge-share postingan itu. Aku sendiri gak komen apa-apa.

Mencoba merenung, aku kok masih tetap pada pendirianku sejak awal, kalau yang namanya intelektual, budayawan, rohaniwan itu sebaiknya tidak berpolitik praktis, karena begitu ia memilih satu kekuatan politik, ia akan menjadi partisan. Ia tak akan bisa lagi berdiri di atas kepentingan semua golongan. Beda halnya kalau dia juga sekaligus adalah pengurus parpol.

Tapi sejauh dia adalah dosen, budayawan, rohaniwan, akan baik jika tetap independen dan jernih. Sebab jika ia menjadi partisan, orang akan tidak lagi menjadikannya referensi yang adil atau seimbang. Padahal masyarakat butuh sosok-sosok yang independen dan jernih itu.

Tentu setiap orang punya sikap politik. Mengomunikasikannya, tentu bisa dipilih caranya. Tidak harus juga menunjukkan terang-terangan mendukung siapa. Itulah kenapa aku tidak ikut ikatan alumni-alumni, karena sebagai intelektual aku mencoba untuk independen dan adil dalam penilaianku.

Bukan berarti lantas tak disalahpahami. Oh tetep aja. Apalagi di zaman medsos, post-truth dan matinya kepakaran ini. Semua bisa dibikin dan diplintir.


Dikirim dari Yahoo Mail untuk iPhone

__._,_.___

Posted by: Al Faqir Ilmi <alfaqirilmi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


SPONSORED LINKS
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar