Kamis, 04 Oktober 2012

[Media_Nusantara] "Operasi 'Desepsi' Dalam Dunia Intelijen" by @Letter_For_God

 

"Operasi 'Desepsi' Dalam Dunia Intelijen" by @Letter_For_God

Hari ini kita bahas ttg operasi deception yuu ........ Desepsi adalah tindakan penyusupan atau penyamaran yang dilakukan oleh seseorang. Seorang agen rahasia yang ditanamkan kedalam ruang lingkup kehidupan kumpulan orang atau tubuh sebuah organisasi dlm operasi intelijen. Agen rahasia tersebut diharuskan mampu menjadikan dirinya menjadi orang kepercayaan atau bagian dari kumpulan orang atau organisasi tsb. Dengan demikian pada akhirnya agen rahasia tersebut menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan membawa sebuah target, tujuan atau misi.

Kepercayaan dalam desepsi ini mutlak harus didapatkan oleh agen rahasia yang melakuan desepsi diri tersebut. Kepercayaan berguna untuk kepentingan melakukan pencapaian berupa pengrekrutan, penghancuran, sabotase, adu domba, atau membunuh. Desepsi membthkan keahlian penyamaran sempurna dgn resiko tinggi.Hnya agen yg mumpuni bisa mendapatkan tgs operasi desepsi pd target. seorang agen intelijen yang melakukan desepsi mempersiapkan diri selama bertahun2 dgn kecakapan khusus misalnya kemampuan berbagai bahasa. Kasus syahidnya Syekh Ahmad Yasin,Rantisi di Palestina & Komandan Mujahidin Chechnya Ibnu Khattab adlh cth korban desepsi CIA dan Mossad, Operasi intelijen di Indo juga mengenal desepsi. ingat kisah Abdul Haris yang menyusup di MMI belakangan diketahui ia agen intelijen. MMI adlh majelis mujahid indonesia.

Operasi pengintaian, pengamatan dan sejenisnya dianggap lumrah di setiap kegiatan pengajian di jaman orde baru. Kegiatan tersebut dianggap hal biasa oleh aktifis gerakan Islam selama mereka hanya bergerak di luar organisasi. Padahal tanpa setahu para aktifis sebenarnya banyak intelijen yang bergerak di dalam organisasi dengan menyamar atau desepsi. Hal ini dilakukan khususnya pada organisasi yang dijadikan sebagai TO. Apa tujuan desepsi? Tentunya mengorek data selengkap-lengkapnya sebagai pendukung operasi selanjutnya. Bahkan agen yang melaklukan desepsi bisa menggerakkan target ke arah yang diinginkan sesuai skenario yang disusun.

Yuu kita lihat kasus desepsi dlm operasi intelijen di indonesia

Kasus Abdul Haris tahun 2002 terungkap setelah penangkapan Umar Faruq, 5 Juni 2002, di Bogor. Padahal, sejak 1995, Haris mengaku sudah "dipercaya" oleh Irfan S. Awwas, yang kini menjadi Ketua Lajnah Tanfidziyah MMI. Apakah Irfan tidak tahu bahwa Haris adalah agen BIN? Ini hebatnya Haris. Haris juga dikenal sebagai tukang pijat refleksi, beberapa orang pernah dipijatnya dan memberi upah Rp 10.000-50.000. Walhasil, tidak ada info tentang dia yang menunjukkan bahwa Haris adalah planted agent di tubuh MMI. Semuanya terkuak setelah kejadian. Hasil nya?ustad abu bakar pun brhasil di tangkap

Kasus kaparang..adlh kasus kedua desepsi yg sukses.. Sekitar September 2001, seorang yang mengaku mualaf (orang yang baru masuk Islam dan perlu disantuni) datang ke markas MMI. Ia mengaku bernama Lalu Muhammad Hasan alias Ihsan. Nama aslinya Andronikus Kaparang. Ia mengklaim sebagai Komandan Laskar Kristus wilayah Indonesia Timur. Ia mengaku disuruh CIA untuk mencari data hubungan MMI dgn Osama. Mencari data aliran dana yang masuk-keluar MMI, dan melihat sejauh mana keterlibatan MMI dalam konflik Ambon. Pada 21 September 2001, kantor Wihdah, tempat menyimpan banyak data MMI, dibobol maling. Empat komputer lenyap rapi, khas intelijen. Pada 8 Juli 2006, ada acara Arimatea yang menggelar "testimoni mantan Komandan Laskar Kristus" di Solo. Ustad Abu diundang. Beberapa laskar MMI datang untuk menonton testimoni itu. Ee... ternyata Kaparang! Hampir saja terjadi insiden kalau tidak dicegah. Esoknya Kaparang diantar ke markas MMI oleh pengurus Arimatea untuk klarifikasi. Kaparang mengaku agen CIA. Dia minta maaf tlh memfitnah. Misalnya, waktu aktif di kelaskaran, dia sengaja menzinai beberapa wanita untuk mencoreng nama MMI. Tapi semuanya gagal. Permintaan maaf itu bisa dipahami. Namun hukum harus ditegakkan karena soal pencurian itu. Sampai skrg pun operasi desepsi masih di lakukan tp tentu saja dgn target operasi yg berbeda.

Sekian kultwit ttg desepsi,selamat beraktivitas

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar