Jumat, 25 Januari 2019

[Media_Nusantara] Ketua Latupati Maluku Tengah Kukuhkan Pengurus Latupati Kecamatan TNS [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from Redaksi DMS Group included below]

Ketua Latupati Maluku Tengah Kukuhkan Pengurus Latupati Kecamatan TNS


Ketua Latupati Maluku Yulia Awayakuane dalam sambutanya berharap Pengurus Latupati kecamatan TNS Waipia yang baru dilantik lebih mengedepankan norma adat serta memajukan dan memperjuangkan pengembangan tatanan adat di Kabupaten dengan julukan Pamahanu Nusa tersebut.

Yulia Awayakuane yang juga Raja (Ina Latu) Negeri Tananahu itu menegeskan, Lembaga Latupati harus menjuarakan pesan moral dan menterjemahkan nilai dan norma adat dalam semua aspek kultur dan menjunjung tinggi prinsip hidup orang basudara

www.radiodms.com

Menurutnya kedepan tantanganakan semakin berat, oleh karena itu seluruh komponen adat teristimewa para Latupati di daerah itu diminta bersama dengan pemerintah daerah memajukan Maluku Tengah lebih sejahtaera dan berkeadilan dalam semangat orang basudara dan menjadikan Maluku Tengah sebagai Jendela Indonesia Timur.

Pada kesempatan yang sama Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengatakan, janji adat Latupati hendaknya dimaknai sebagai amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Karena di dalamnya terdapat tanggung jawab yang luas dan berat kepada Lembaga Latupati.

Keberadaan Latupati Kecamatan tentu sangat dibutuhkan karena diyakini akan lebih berkontribusi dan bersinergi dalam melestarikan dan mengoptimalkan lembaga adat dan nilai-nilai adat istiadat, sosial budaya dalam masyarakat sehingga penyelenggaraan pemerintahan negeri makin efektif, efisien dan mensejahterahkan masyarakat.

Tuasikal berharap Pengurus Latupati mampu meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi serta mengoptimalkan peran dan fungsi Latupati di Kecamatan TNS dalam kelembagaan pemangku adat maupun antar pemenrintah negeri.

Sehingga pada tataran implementasi Latupati akan mampu tampil sebagai suatu lembaga yang memiliki pengaruh positif dalam menciptakan harmoni sosial, merawat persatuan dalam keberagaman, mewariskan nilai-nilai sosial kultural dan kearifan lokal serta menjadi wadah yang berperan dalam menggerakkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama membangun Negeri dan mensejahterahkan masyarakat.

Kinerja Latupati yang juga merangkap Kepala pemerintah negeri akan menghadapi tantangan terutama dalam memelihara eksistensi nilai-nilai adat istiadat dan sosial budaya yang menjadi ciri khas otonomi desa dan identitas kebangsaan kita.

Tuasikal yakin semua tantangan dan pengaruh negatif globalisasi itu bisa diatasi oleh para Latupati selaku kepala pemerintah negeri apabila ada kemauan, keseriusan, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi seluruh jajaran pemerintahan negeri.DMS


Salam,

__._,_.___

Attachment(s) from Redaksi DMS Group | View attachments on the web

1 of 1 Photo(s)


Posted by: Redaksi DMS Group <redaksidmsgroup@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Check out the automatic photo album with 1 photo(s) from this topic.
image1.jpeg

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


SPONSORED LINKS
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar